SEVEN BAD HABITS YOU MUST QUIT TO BE MORE SUCCESSFUL

#1. STOP WATING YOUR TIME

Apa yang dikatakan Alkitab tentang WAKTU?

Efe.5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, (16) dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

WAKTU ADALAH HARTA YANG SANGAT BERHARGA

Maz.90:10 Masa hidup kami hanya tujuh puluh tahun, kalau kami kuat, delapan puluh tahun. Tetapi hanya kesukaran dan penderitaan yang kami dapat; sesudah hidup yang singkat, kami pun lenyap. (BIS)

Setiap kita diberikan pemberian waktu yang terbatas, sesuai dengan umur yang Tuhan tentukan. Kita tidak pernah tahu berapa lama kita diberikan kesempatan hidup di muka bumi. Yang kita tahu semua orang dalam hidup memiliki jumlah hari yang ada batasnya.

Maz.90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. | Sadarkanlah kami akan singkatnya hidup ini supaya kami menjadi orang yang berbudi. (BIS) | (12) Teach us how short our lives are so that we can become wise. (ERV)

Ketika kita menyadari bahwa jumlah hari-hari dalam hidup kita terbatas, maka kita akan lebih bijaksana menggunakan waktu kita, karena kita menyadari setiap hari yang sudah berlalu tidak akan pernah kembali, dan setiap hari yang kita lalui berarti jumlah sisa hari (waktu) hidup kita menjadi berkurang. Karena itu kita harus menyadari bahwa waktu adalah harta yang paling berharga dalam hidup kita. Orang mengatakan waktu adalah uang. Tetapi sebenarnya waktu lebih berharga daripada uang, karena uang selalu dapat dicari, tetapi kita tidak dapay mencipta ulang waktu yang telah kita “belanjakan,”

Waktu lebih berharga daripada uang, karena waktu adalah hidup kita.

KITA HARUS MEMANAGE WAKTU (HIDUP) KITA

Apa yang kita tidak KITA KELOLA DENGAN BAIK akan hilang

Efe.5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, (16) dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. | Redeeming the time, because the days are evil. (KJV)

  • To redeem something means to buy it back, to regain possession of it.
  • The word “redeem” is making most of our time or trying to make it better.  
  • Efe.5: 15 So be very careful how you live. Live wisely, not like fools. (16) I mean that you should use every opportunity you have for doing good, because these are evil times. (ERV) 
  • Don’t waste your time on useless work, mere busywork…  (MSG)
  • Efe.5:15-16 So be very careful how you live, not being like those with no understanding, but live honorably with true wisdom, for we are living in evil times. Take full advantage of every day as you spend your life for his purposes. (TPT)

When God says we should be “redeeming the time,” He wants us to live in constant awareness of that ticking clock and make the most of the time we have. 

MELIHAT WAKTU SEBAGAI KESEMPATAN 

Chronos vs Kairos

  • Chronos adalah waktu yang terus berjalan dari detik ke detik, hari ke hari, bulan ke bulan dst.
  • Kairos adalah kesempatan yang akan berlalu jika tidak dimanfaatkan

Efe.5:15 Sebab itu, perhatikanlah baik-baik cara hidupmu. Jangan hidup seperti orang-orang bodoh; hiduplah seperti orang-orang bijak. (16) Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada padamu, karena masa ini adalah masa yang jahat.

MENYADARI SINGKATNYA HIDUP DI DUNIA.

  • Efe.5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
  • Only God knows how much time each of us has on this earth to make decisions that will impact eternity (Maz.139:16)
  • We think through our plans and make sure they align with God’s will.

#2. STOP LISTENING TO NEGATIVE PEOPLE

Selama ini saya selalu mengajarkan bahwa dengan siapa kita bergaul akan berpengaruh dalam hidup kita. Biasanya kita mengutip ayat  bahwa “pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik” (1Kor.15:33). Ayat ini mengatakan bahwa kalau kita bergaul dengan orang-orang yang melakukan hal-hal negatif, maka tanpa sadar kita akan terpengaruh dan terbawa melakukan hal-hal negatif yang sama dengan mereka. Biasanya kita mulai dengan hal-hal yang kecil seperti merokok, sampai yang lebih “serius” antara lain kebiasaan ke tempat-tempat hiburan malam dan penggunaaan narkoba. Tentu hal-hal ini tidak dapat disangkal kebenarannya, bahwa kalau kita hidup di lingkungan yang demikian, maka ada tiga serangkai yang bersahabat dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, akan masuk dalam hidup seseorang, yaitu: kehidupan malam, sex bebas dan miras dan/atau narkoba.

Negative people will have problems for every solution.

Ada banyak hal negative yang bisa menginvasi pikiran seorang pemimpin, antara lain, ketakutan, kecemasan, frustasi, kecurigaan dan banyak hal-hal negatif lainnya. Kalau kita ijinkan pikiran negatif menguasi pikiran kita, maka buahnya adalah kebingungan — seperti ada awan yang menyelimuti pikiran kita — sehingga kita tidak dapat berpikir jernih dan cerdas.

  • Luk.18:27 Kata Yesus: “Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah.”
  • Mar.9:23 Jawab Yesus: ” … Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”

#3. STOP GOING FOR QUICK FIXES

Success requires sacrifice, hardwork, commitment and consistence.

Jangan selalu mencari jalan pintas. Seorang yang terbiasa dengan jalan pintas, akan selalu mencari penyelesaian yang termudah, walaupun belum tentu yang terbaik dalam jangka panjang. Sebaiknya bangun kebiasaan untuk mencari penyelesaian yang akan membawa manfaat jangka panjang, walaupun tidak selalu menjadi pilihan yang termurah (dibanding harga yang harus dibayar) ataupun yang termudah.

Ibr.12:16 Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.

#4. STOP MAKING EXCUSES

Excuse adalah alasan yang dicari-cari dan dibuat-buat untuk melindungi diri atau untuk menyelamatkan diri; atau seringkali juga untuk melarikan diri dari kenyataan. Excuse merupakan “senjata” yang orang gunakan untuk menghindari tanggung jawab, seringkali dengan menyalahkan situasi atau orang lain. Karena itu excuse tidak mengungkap keadaan yang sebenarnya (fakta) dan tidak mendorong perubahan ke arah yang lebih baik. Karena itu langkah pertama adalah berani menghadapi kenyataan dan berani mengambil tanggung jawab.

Seorang yang sukses adalah seorang yang berani menghadapi kenyataan (fakta) supaya dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Seorang yang sukses adalah orang yang berani mengambil tanggung jawab untuk melakukan perubahan, tidak hanya menyalahkan orang lain atas situasi yang dihadapinya.

#5. STOP DOING THINGS HALFWAY

Melakukan sesuatu setengah-setengah dan tidak tuntas adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus hilang dari hidup kita. Seorang yang sukses membangun komitmen untuk melakukan segala sesuatu dengan ekselen dan tuntas.

#6. DON’T LET FEAR CONTROL YOUR LIFE

Jangan ijinkan ketakutan dan kekuatiran mengintimidasi anda.

Hasil penelitian menemukan:
•85% apa yang dikuatirkan orang tidak akan terjadi.
•Dari 15% yang terjadi, 79% dapat dihadapi dengan baik (tidak seburuk yang dipikirkan sebelumnya).
•Artinya 97% persen dari kekuatiran manusia tidak pernah terjadi atau tidak seburuk yang kita pikirkan sebelumnya.

Stress yang berkaitandengan ketakutan/ kekuatiran menyebabkan:

  • Penyusutan kemampuan otak 
  • Melemahkan daya pikir 
  • Melemahkan kemampuan membuat keputusan dengan baik. 
  • Melemahkan daya tahan tubuh.

Mat.6:25 “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? 

Janganlah kuatir akan hidupmu! Bukan Cuma urusan makan, minum atau pakaian, tetapi jangan kuatir tentang SELURUH KEHIDUPAN.

  • ”Jangan kuatir” bukan kata kerja, tetapi kata PERINTAH.
  • Seperti kalau staff datang dan menceritakan kesulitan yang dia sedang hadapi, yang mungkin menurut dia ini masalahbesar, tapi kita berkata: “Don’t worry”
  • Suatu keadaan yang dijanjikan Tuhan, janji yang harus kita terima dalam hidup kita sebagai KEBENARAN.
  • Hari ini terima sebagai sebuah rhema: Tuhan berbicara kepada anda “Jangan kuatir tentang hidupmu, apapun yang sedang engkau hadapi.”

Mat.6:26 Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

Mat.6:27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? 

Mat.6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, (29) namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

Mat.6:30 Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?

#7. DON’T BE LAZY

You lazy people, how long are you going to lie there? When will you get up? You say, “I need a rest. I think I’ll take a short nap.” But then you sleep and sleep and become poorer and poorer. Soon you will have nothing. It will be as if a thief came and stole everything you owned.” Proverbs6:9-11 ERV

“Lazy hands will make you poor; hard-working hands will make you rich.” Proverbs 10:4 ERV

“Orang bijaksana mengumpulkan panen pada musimnya, tapi orang yang tidur saja pada musim panen, mendatangkan malu pada dirinya.” Amsal 10:5 BIMK

“Petani yang bekerja keras mempunyai banyak makanan, tapi orang yang menghabiskan waktunya untuk hal yang tak berguna adalah orang bodoh.” Amsal 12:11 BIMK | “Farmers who work their land have plenty of food, but those who waste their time on worthless projects are foolish.” Proverbs 12:11 ERV

“Kerja keras membuat orang berkuasa; kemalasan memaksa orang menjadi hamba.” Amsal 12:24 BIMK | “Those who work hard will be put in charge of others, but lazy people will have to work like slaves.” Proverbs 12:24 ERV 

Lazy people don’t get what they want, but riches come to those who work hard.” Proverbs 12:27 ERV

“Si malas banyak keinginan tapi tak satu pun yang dicapainya; orang yang bekerja keras mendapat segala yang diinginkannya.” Amsal 13:4 BIMK | “Lazy people always want things but never get them. Those who work hard get plenty.” Proverbs 13:4 ERV

“Money gained by cheating others will soon be gone. Money earned through hard work will grow and grow.” Proverbs 13:11 ERV

“A barn with no cattle might be clean, but strong bulls are needed for a good harvest.” Proverbs 14:4 ERV

“Dalam setiap usaha ada keuntungan; obrolan yang kosong membuat orang jatuh miskin.” Amsal 14:23 BIMK

“Petani yang malas tidak mengerjakan ladangnya pada waktunya; akhirnya pada musim menuai tanahnya tidak menghasilkan apa-apa.” Amsal 20:4 BIMK

“Orang yang suka tidur akan jatuh miskin. Orang yang rajin bekerja mempunyai banyak makanan.” Amsal 20:13 BIMK

“If you love to sleep, you will become poor. Use your time working and you will have plenty to eat.”Proverbs 20:13 ERV

“Loving pleasure leads to poverty. Wine and luxury will never make you wealthy.” Proverbs 21:17 ERV

“Si pemalas yang tak mau bekerja; membunuh dirinya dengan keinginannya. Sepanjang hari ia hanya memikirkan tentang apa yang ia inginkan. Sebaliknya, orang yang lurus hidupnya dapat memberi dengan berlimpah-limpah. Amsal 21:25-26 BIMK

“Lazy people will cause their own destruction because they refuse to work.” Proverbs 21:25 ERV

“Si pemalas suka tinggal di rumah; ia berkata, “Ada singa di luar, aku bisa diterkam di tengah jalan.”” Amsal 22:13 BIMK | “A person who is lazy and wants to stay home says, “There is a lion outside, and I might be killed in the streets!”” Proverbs 22:13 ERV

“Skilled workers will always serve kings. They will never have to work for less important people.”Proverbs 22:29 ERV

“Dengarkan, anakku! Jadilah bijaksana. Perhatikanlah sungguh-sungguh cara hidupmu. Janganlah bergaul dengan pemabuk atau orang rakus, sebab mereka akan menjadi miskin. Jika engkau tidur saja, maka tak lama lagi engkau akan berpakaian compang-camping.” Amsal 23:19-21 BIMK

“I walked past a field that belonged to a lazy man. It was a vineyard that belonged to someone who understood nothing. Weeds were growing everywhere! Wild vines covered the ground, and the wall around the vineyard was broken and falling down. I looked at this and thought about it. This is what I learned: a little sleep, a little rest, folding your arms, and taking a nap— these things will make you poor very quickly. Soon you will have nothing, as if a thief broke in and took everything away.” Proverbs 24:30-34 ERV

“Dengan mengantuk dan tidur sebentar, dengan duduk berpangku tangan dan beristirahat sejenak, kekurangan dan kemiskinan datang menyerang seperti perampok bersenjata.” Amsal 24:33-34 BIMK

“Si pemalas suka tinggal di rumah; ia berkata “Ada singa di luar, aku bisa diterkam di tengah jalan.” Seperti pintu berputar pada engselnya, begitulah si pemalas membalik-balikkan badannya di atas tempat tidurnya.” Amsal 26:13-14 BIMK

“Ada orang yang malas bukan kepalang; menyuap makanan ke mulutnya pun ia enggan. Si pemalas menganggap dirinya lebih berhikmat daripada tujuh orang yang memberi jawaban yang tepat.” Amsal 26:15-16 

“A person who is lazy and wants to stay home says, “What if there is a lion out there? Really, there might be a lion in the street!” Like a door on its hinges, a lazy man turns back and forth on his bed. Lazy people are too lazy to lift the food from their plate to their mouth. Lazy people think they are seven times smarter than the people who really have good sense.” Proverbs 26:13-16 ERV

“Whoever works hard will have plenty to eat, but whoever wastes their time with dreams will always be poor.” Proverbs 28:19 ERV

Read More

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email